Sabtu, 12 November 2016

ANALISIS TES IQ MANUAL DAN TES IQ BERBASIS KOMPUTER



Pada umumnya, masyarakat akan mendefinisikan inteligensi sebagai kecerdasan, kepintaran atau kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Para ahli berpendapat untuk tidak membicarakan atau memberi batasan yang jelas mengenai inteligensi, karena inteligensi merupakan status mental yang tidak memerlukan definisi. Para ahli lebih memusatkan perhatian kepada perilaku inteligen, seperti kemampuan memahami dan menyelesaikan masalah dengan cepat, kemampuan mengingat, kreativitas yang tinggi, atau daya imajinasi yang berkembang.
Menurut Binet & Simon, inteligensi terdiri dari tiga komponen, yaitu kemampuan untuk mengarahkan pikiran atau tindakan, kemampuan untuk mengubah arah tindakan bila tindakan itu telah dilaksanakan, dan kemampuan untuk mengkritik diri sendiri (autocriticism). Ada banyak jenis Tes Inteligensi, yang dikembangkan sesuai masing-masing asumsi dari beberapa tokoh. Berdasarkan target usia, beberapa jenis Tes Inteligensi tersebut ada yang ditujukan untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Berdasarkan jumlah subjek, Tes Inteligensi dibedakan menjadi Tes Inteligensi Individual dan Tes Inteligensi Kelompok atau Klasikal. Terdapat beberapa jenis Tes Intelegensi atau Tes IQ, antara lain :
1.      Tes Stanford-Binet
2.      Tes Weschler
3.      Tes CPM
4.      Tes APM
5.      Tes SPM
6.      Tes CFIT
Otak merupakan faktor paling penting dalam seseorang untuk berbuat atau menciptakan sesuatu. Banyaknya bermunculan inovasi teknologi baru dan terciptanya alat-alat yang memudahkan aktifitas manusia itu merupakan hasil dari kerja otak, salah satunya yaitu pada kemampuan intelegensi. Maka dari itu dibutuhkan setidaknya suatu latihan untuk mengasah kemampuan otak, salah satunya dengan tes IQ agar kemampuan intelegensi tetap terjaga dengan baik.
Kini sudah banyak situs web yang menyediakan layanan tes IQ secara online. Banyak pula software tes IQ yang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Namun pada kenyataannya, tes IQ yang terdapat pada situs-situs dan dalam bentuk software tersebut notabene menggunakan soal yang hampir serupa dan tidak sesuai dengan tandar selayaknya yang dilakukan oleh lembaga psikologi pada umumnya.
Walaupun ada situs web yang menyediakan layanan tes IQ dengan standar bagus, namun pasti ada fitur premium yang membatasinya. Sehingga hal ini mempersulit para konsumen untuk mendapatkan tes IQ dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu, diperlukan sistem aplikasi tes IQ yang berfungsi dalam menyediakan layanan tes IQ dan memudahkan admin dalam memaintain data-data yang diperlukan dalam tes IQ itu sendiri.
Tes IQ manual masih dilakukan dengan metode membacakan semua soal kepada peserta tes. Selain itu, hasil dari tes tersebut baru diketahui oleh peserta tes setelah beberapa hari karena harus diperiksa secara manual. Sistem Aplikasi Tes IQ berbasis komputer ini dapat menerapkan rumus IQ-deviasi dengan benar dalam menghitung skor IQ. Skoring pun dapat dilakukan secara lebih praktis dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar