Selasa, 03 November 2015

psikologi manajemen



PSIKOLOGI MANAJEMEN

            Pengertian psikologi manajemen adalah ilmu tentang cara mengatur sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kaitannya dengan psikologi adalah psikologi berpusat pada manusia dan mampu mengintervensi berbagai faktor internal seperti motivasi kerja,sikap kerja dan keterampilan.                                                                                                                         Organisasi adalah suatu kelompok orang yang berada ditempat sama dengan tujuan yang sama. Organisasi kerja/industri dipandang sebagai sistem kelompok yang saling berkaitan, organisasi(industri) dapat dipandang sebagai suatu sistem dan dilingkup oleh suatu batas sistem. Proses timbulnya organisasi/kerja adalah berdasarkan suatu perancanaan dan mulai dari satu orang. Kelompok adalah sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain atau lebih.
·        Kelompok formal : diberi rincian tugas-tugas dan tanggung jawab dengan batasan yang ditentukan
·        Kelompok informal : terjadi secara spontan antara sejumlah tenaga kerja dan tidak diberi batasan 

Fungsi kelompok bagi anggotanya sebagai pemenuhan kebutuhan para anggotanya, sebagai pengembang,penunjang dan pemantap dari identitas sebagai penetap dan penguji sebagai mekanisme masalah dan pelaksanaan tugas. Interaksi antaranggota kelompok adalah setiap kelompok kerja terdiri dari sejumlah tenaga kerja yang saling tergantung.                  

  Fungsi perencanaan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan mempunyai strategi dan taktik yang tepat. Kegiatan dalam fungsi perencanaan yaitu menetapkan tujuan dalam target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan dan mnetapkan indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan 

 fungsi pengorganisasian adalah proses yang menyangkut strategi dalam perencanaan dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. Fungsi pengarahan dan implementasi adalah program yang dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi. Fungsi pengawasan dan pengendalian adalah proses untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan

Komunikasi                                                                                                              komunikasi adalah proses pengiriman informasi atau berita dari seseorang kepada orang lain.     
   Unsur komunikasi:

·        Adanya pengiriman berita
Adanya sebuah informasi yang diberikan kepada seseorang
·        Penerima berita
Pihak yang menerima berita yang dikirim oleh sumber, penerima bisa terdiri satu orang atau lebih
·        Berita yang di kirim
Seperti fakta dan informasi
    


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar