PSIKOLOGI MANAJEMEN
Pengertian psikologi manajemen
adalah ilmu tentang cara mengatur sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan
manusia. Kaitannya dengan psikologi adalah psikologi berpusat pada manusia dan
mampu mengintervensi berbagai faktor internal seperti motivasi kerja,sikap
kerja dan keterampilan. Organisasi
adalah suatu kelompok orang yang berada ditempat sama dengan tujuan yang sama.
Organisasi kerja/industri dipandang sebagai sistem kelompok yang saling
berkaitan, organisasi(industri) dapat dipandang sebagai suatu sistem dan
dilingkup oleh suatu batas sistem. Proses timbulnya organisasi/kerja adalah
berdasarkan suatu perancanaan dan mulai dari satu orang. Kelompok adalah
sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain atau lebih.
·
Kelompok
formal : diberi rincian tugas-tugas dan tanggung jawab dengan batasan yang
ditentukan
·
Kelompok
informal : terjadi secara spontan antara sejumlah tenaga kerja dan tidak diberi
batasan
Fungsi kelompok bagi anggotanya sebagai pemenuhan kebutuhan
para anggotanya, sebagai pengembang,penunjang dan pemantap dari identitas
sebagai penetap dan penguji sebagai mekanisme masalah dan pelaksanaan tugas.
Interaksi antaranggota kelompok adalah setiap kelompok kerja terdiri dari
sejumlah tenaga kerja yang saling tergantung.
Fungsi
perencanaan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan
mempunyai strategi dan taktik yang tepat. Kegiatan dalam fungsi perencanaan yaitu
menetapkan tujuan dalam target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai
tujuan, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan dan mnetapkan indikator
keberhasilan dalam pencapaian tujuan
fungsi
pengorganisasian adalah proses yang menyangkut strategi dalam perencanaan dalam
sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. Fungsi pengarahan dan
implementasi adalah program yang dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam
organisasi. Fungsi pengawasan dan pengendalian adalah proses untuk memastikan
seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan
Komunikasi komunikasi
adalah proses pengiriman informasi atau berita dari seseorang kepada orang lain.
Unsur
komunikasi:
·
Adanya
pengiriman berita
Adanya sebuah informasi
yang diberikan kepada seseorang
·
Penerima
berita
Pihak yang menerima
berita yang dikirim oleh sumber, penerima bisa terdiri satu orang atau lebih
·
Berita
yang di kirim
Seperti fakta dan
informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar