Seleksi dan
penempatan meupakan fungsi batas dari sistem calon tenaga kerja dinilai sejauh mana mereka memiliki
ciri2 yang disyaratkan.Pengumpulan data Secara
mekanikal dan Secara klinikal
Proses dalam mencari
calon tenaga kerja , pertama pencarian calon
tenaga kerja ,seleksi surat lamaran ,wawancara awal ,ujian, psikotes, wawancara
,penilaian akhir ,pemberitahuan dan wawancara akhir,penerimaan
Penempatan adalah suatu rekomendasi atau keputusan utk mendistribusikan
para calon tenaga kerja pd pekerjaan yg berbeda-beda berdasarkan suatu dugaan
tentang kemungkinan dari calon utk berhasil pd pekerjaan (Munandar, 2001).
Jika terjadi kesalahan penempatan (missplacement)
maka perlu diaakan suatu progam penyesuaian kembali karyawan
Pelatihan (training)
merupakan proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, konsep,
peraturan, atau sikap untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja.
Pengembangan (development)
diartikan sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda
atau yang Iebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi
pendidikan.
Tujuan dari pelatihan dan
pengembangan secara umum Meningkatkan produktivitas ,Meningkatkan mutu ,Meningkatkan
ketetapan dalam perencanaan SDM,Meningkatkan semangat kerja ,Menarik dan
menahan tenaga kerja ,Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja ,Menghindari
keusangan Menunjang pertumbuhan pribadi
Reinforcement Theories Teori ini menekankan
bahwa orang termotivasi untuk melakukan atau menghindari perilaku karena adanya
penguatan dan konsekuensi yang diberikan.
Social Learning Teori ini menekankan bahwa
proses belajar diperoleh dari observasi orang lain yang kredibel dan
berpengetahuan.
Goal Theory Teori ini memilik asumsi bahwa
perilaku merupakan hasil dari niat (intention) dan tujuan (goals) seseorang.
Need Theories Mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan dasar trainee dan komunikasikan bagaimana training yang
dilakukan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
Information Processing Teori ini menekankan penekanan pada proses
internal yang terjadi ketika training seperti persepsi, retensi (memori), encoding,
dan retrieval
Transfer of
Training
Transfer of training mengacu
kepada apakah trainee dapat mengaplikasikan apa yang mereka dapatkan di dalam
training secara efektif dan kontinu kedalam pekerjaannya.
Tujuan utama dari transfer of
training adalah terjadinya Generalization dan Maintenance
– Generalization,
yaitu kemampuan trainee untuk mengaplikasikan hasil dari training kedalam
masalah dan situasi pekerjaan yang diperoleh.
– Maintenance,
yaitu proses untuk melakukan secara terus-menerus kemampuan yang diperoleh dari
training
Beberapa hal yang dapat
mempengaruhi kualitas Transfer of Training:
– Kondisi
kerja, seperti tekanan waktu, peralatan yang kurang baik, dan budget yang tidak
memadai
– Kurangnya
dukungan peer
– Kurangnya
dukungan manajemen
Evaluasi
Tujuan
Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program,Menilai faktor yang berkontribusi terhadap
proses pembelajaran dan konten pelatihan,Identifikasi trainee yang mendapatkan hasil tertinggi atau terendah
dari program,Membantu program
marketing dengan pengumpulan informasi dari partisipan,Menentukan keuntungan dan kerugian finansial
program,Membangdingkan
keuntungan dan kerugian traning vs. Nontraining,Membangdingkan keuntungan dan kerugian
dengan program training lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar